Jumat, 06 Maret 2015

Apakah Madu Dapat Mengobati Sakit Maag,Darah Rendah Dan Asam Urat ?


Pertanyaan :
Apakah Madu Dapat Mengobati Sakit Maag,Darah Rendah Dan Asam Urat ?

Jawaban :

(1).Madu Dapat Mengobati Sakit Maag

Mual, perut nyeri, perih, kembung dan sesak di ulu hati, begah/ sebah, jantung berdebar, pundak pegal-pegal kerongkongan dan lidah pahit, mudah mual dan muntah, dada terasa panas atau terbakar, mudah pusing…Inilah diantara tanda-tanda adanya gangguan lambung sebagai terminal utama pencernaan setelah dilumat di mulut. Gangguan atau keluhan lambung ini akrab disapa dengan sakit Maag atau dalam istilah arab disebut juga Qurhah dan orang barat menyebutnya ulcer atau gratisis. adapun kata maag sendiri berasal dari bahasa Belanda yang berarti Lambung.

Hampir semua orang pernah mengalami keluhan lambung, bahkan Qurhah ini disebut juga dengan penyakit wanita, karena menurut statistik lebih dari 60 persesn penderitanya adalah kaum hawa. Bila lambung terserang, biasanya seseorang berusaha mencari obat-obatan yang mampu meredakan dengan cepat agar bisa makan enak dan tidur nyenyak.

Tidak sedikit yang khawatir dengan serangan maag, karena kadang serangannya dadakan. akibatnya para penderitanya banyak menahan diri terhadap minuman atau makanan tertentu pemicu maag dalam jangka waktu yang lama. Pada gilirannya penderita maag kerap dihadapkan masalah tidak bisa makan yang enak.

Secara umum maag dipahami merupakan gangguan pada lapisan (dinding) lambung yang mengeluarkan berbagai cairan penting diantaranya enzim, asam lambung dan hormon untuk menggerus apasaja yang masuk. Ancaman gangguan tersebut cukup merepotkan bila lapisan lambung sudah terluka. Terjadinya luka lapisan dinding lambung sangat mungkin bila produksi asam lambung berlebih yang berpotensi merusak lapisan tersebut. Luka pada lapisan dan naiknya asam lambung inilah yang menimbulkan rasa sakit, mual, perih, demam, lidah putih, amandel, dan lainnya,

Qurhah ini juga bisa dimaknai menurunnya daya tahan tubuh, termasuk daya tahan seluruh komponen organ di lambung yang berdampak pada melemahnya kemampuan organ pencernaan tersebut, sehingga tak mampu bekerja maksimal mencerna dan mengolah makanan. Sementara asam lambung yang diproduksi dan terus “berjuang” bisa bergerak “liar” terutama bila asupan makanan da air tak seimbang. Pada gilirannya kekuatan asamnya bisa mengoyak atau melukai lapisan-lapisan lambung. Penurunan daya tahan atau kemampuan lambung ini sangat mungkin dipicu oleh berbagai faktor, diantaranya buruknya pola makan atau stress.

Tidak sedikit penderita maag yang menderita komplikasi penyakit atau bertambahnya keluhan setelah rajin menelan atau minum obat-obatan “warung”, diantaranya badan lemah, kurang darah, gangguan jantung, liver dan lainnya. Bahkan tidak sedikit penderitnya meninggal karena peradangan semakin parah, luka di lambung makin dalam sampai pendarahan, atau menjadi tumor, kanker lambung dan ragam keluhan mengerikan lainnya.

Cara terapi dengan hanya mengendalikan rasa sakit dalam waktu sekejap, namun tetap hidup dalam “teror” maag dengan segala dampak dan konsekuensinya, sesungguhnya bukanlah suatu keputusan yang bijak. Bagi mereka yang arif, tentu akan berupaya mengobati deritanya dari sumbernya, sehingga lambung dan pencernaanya benar-benar sehat, kuat dan tidak banyak berpantang.

Diantara obat andalannya adalah madu. Madu berfungsi membuka simpul-simpul pembuluh darah dan membersihkan kotorannya. Madu juga berfungsi menyingkirkan kotoran yang terkumpul di lambung dan usus. Madu bisa diminum langsung 2-3 sendok teh 3-5 kali sehari. bisa dicampur air sari parutan kunyit. Bila keluhan maag cukup berat/akut, bisa minum 3 sendok minyak zaitun ditambah minyak habbatussauda dalam keadaan perut kosong.

(2).Madu Obati Darah Rendah


Madu mengandung zat-zal kimia yang sangat bermanfaat untuk menambah jumlah hemoglobin pada sel darah merah. Hal ini telah dibuktikan berdasarkan penelitian ilmiah. Jadi, dapat disimpulkan bahwa madu adalah obat yang sangat bermanfaat bagi penderita anemia (kurang darah) jadi konsumsilah rutin madu setiap hari itu baik bagi kesehatan juga.

(3).Madu Obati Asam Urat


Banyak orang saat ini mencari tahu tentang manfaat madu untuk asam urat karena madu dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Asam urat itu sendiri merupakan suatu penyakit yang muncul akibat dari sisa metabolisme dari sisa – sisa makanan yang dikonsumsi sehari – hari. Purin adalah zat yang ada dalah setiap makanan yang bersumber dari tubuh makhluk hidup. Karena memakan makhluk hidup maka zat purin akan berpindah ke dalam tubuh. Purin terdapat dalam sayur – sayuran dan buah – buahan. Selain itu purin juga dihasilkan dari kerusakan – kerusakan sel tubuh karena adanya penyakit tertentu atau karena terjadi secara normal.

Apa Manfaat Madu Untuk Asam Urat

Manfaat madu – Madu memang sudah dikenal lama sebagai bahan yang berkhasiat untu kesehatan tubuh manusia, termasuk kemampuannya dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit, termasuk asam urat. Dalam hal ini, perlu digarisbawahi bahwa madu yang berkhasiat untuk kesehatan adalah madu murni, bukan madu yang sudah diproses di pabrik dan mendapatkan tambahan gula karena madu buatan seperti itu tidak akan memberikan efek kesehatan seperti yang diberikan oleh madu murni. Madu mengandung zat – zat alami dan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan zat – zat organik dan fruktosa pada madu dipercaya mampu menyembuhkan beberapa gangguan fungsi tubuh termasuk menyembuhkan asam urat yang mengganggu kesehatan. Dengan manfaat madu untuk asam urat, maka para penderita asam urat dapat mengkonsumsi madu untuk sembuh dari penyakit yang menjengkelkan ini.

Bagaimana Menyembuhkan Asam Urat dengan Madu

Manfaat madu untuk menyembuhkan asam urat – Sebenarnya tidak hanya asam urat saja yang bisa disembuhkan oleh madu tetapi juga berbagai masalah kesehatan lain yang berpengaruh pada kelancarkan fungsi tubuh. Untuk menyembuhkan asam urat, madu dapat dikombinasikan dengan cuka apel. Jika tidak, megkonsumsi madu secara teratur saja juga sudah bisa mengatasi asam urat. Namun, madu yang harus dikonsumsi adalah madu yang benar – benar murni dari lebah dan tidak mendapatkan tambahan gula buatan karena madu buatan memiliki manfaat yang sedikit untuk kesehatan atau bahkan justru tidak baik untuk dikonsumsi. Setelah mengetahui manfaat madu untuk asam urat, anda kini dapat mendapatkan obat alternatif yang lezat dan efektif untuk menyembuhkan asam urat.

Banyak sekali manfaat madu yang bisa kita ambil, karena madu mempunyai khasiat yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit termasuk asam urat.

Khasiat Madu :

"‘Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.” (Qur"an Surah An Nahl; 69)

Jawaban Untuk Pertanyaan Bunda Salsabila Nazhifah dari Sumatra Utara semoga bermanfaat !




Tidak ada komentar:

Posting Komentar