Sabtu, 18 Februari 2017

Khasiat Dan Manfaat Raw Honey Madu Murni Klanceng/Trigona/Teuweul


MMMHealth - Mungkin sebagian besar orang belum mengetahui bahkan mungkin baru kali ini mendengar madu dengan nama madu klanceng/Trigona/Teuweul. Jenis madu ini memang masih jarang ditemui dijual dipasaran, karena memang produksi madu jenis ini masih sangat minim serta masih mengandalkan panenan madu dari alam sehingga harga madu klanceng ini masih tergolong mahal. 

Lebah bernama latin Apis Trigona sp. yang biasa disebut lebah klanceng ini memproduksi cairan madu tidak sebanyak lebah madu pada umumnya. Salah satu faktornya adalah jumlah koloni lebah klanceng yang tidak sebanyak lebah madu, kemudian mungkin juga karena ukuran lebah ini yang lebih kecil dari lebah madu namun lebih besar dari semut yang banyak ditemukan dirumah-rumah kita. Bentuk fisik dari klanceng lebih mirip dengan tawon atau semut bersayap ketimbang dengan lebah madu kebanyakan serta warna tubuhnya yang berwarna hitam dengan kaki seperti lebah madu yang memiliki banyak bulu. Namun lebah klanceng ini tidak memiliki sengat seperti lebah madu, jadi para pemburu madu lebih aman untuk memanen madu yang dihasilkan oleh lebah jenis ini.


Kenapa madu klanceng sulit ditemukan serta harga madu klanceng dipasaran melambung tinggi adalah pembudidaya dari lebah ini yang masih sangat minim atau sedikit. Tidak seperti lebah madu kebanyakan yang sudah lebih populer terlebih dahulu dipasaran. Lebah klanceng banyak hidup didaerah tropis hingga subtropis seperti di negara kita ini, Indonesia. Mereka tinggal di berbagai tempat seperti sela-sela bebatuan dan pepohonan, batang kayu dan bambu, lubang-lubang di permukaan tanah hingga ke bagian dalam rumah tempat tinggal manusia yang memiliki suhu lingkungan berkisar antara 25 sampai 33 derajat celcius.

Para lebah klanceng ini juga menyukai lingkungan tempat tinggal yang banyak terdapat berbagai macam tanaman untuk sumber makanan mereka. Dengan harga madu klanceng yang tinggi, Anda bisa juga menternakkan lebah klanceng ini. Untuk menternakkan lebah klanceng ini Anda hanya perlu membuat rumah yang lebih kecil dari rumah untuk lebah madu.Anda bisa menggunakan potongan bambu, batang pohon yang berlubang dibagian tengahnya hingga kotak kayu yang dibuat secara sederhana dengan lubang untuk jalan keluar masuk lebah berukuran minimal 1 cm. 

Kemudian yang harus Anda lakukan adalah mencari atau membeli koloni kecil yang terdiri dari satu ekor ratu dengan beberapa lebah pekerja di alam atau pada pembudidaya lebah klanceng. Harga dari ratu beserta koloni kecil lebah klanceng tidak semahal harga madu klanceng kok. Setelah itu Anda hanya tinggal menaruh koloni kecil lebah tersebut kedalam rumah yang sudah Anda siapkan. Kemudian Anda bisa menaruh rumah lebah klanceng tersebut pada pohon atau tempat yang agak tinggi namun tidak terkena panas matahari.

Setelah berkenalan dengan lebah klanceng sekarang kita akan membahas khasiat dan manfaat dari madu yang dihasilkan oleh lebah jenis ini serta memiliki harganya yang tinggi ini. Jika Anda penggemar dan pemburu madu, pasti tahu mengenai harga madu klanceng yang sudah terkenal akan khasiatnya ini. 


Harga madu klanceng yang dihasilkan oleh lebah klanceng melebihi harga dari madu yang dihasilkan oleh lebah lain pada umumnya. Harga madu klanceng yang dipatok bisa mencapai 2 hingga 3 kali lipat harga madu hutan atau madu ternak. Sebab seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa cairan madu yang dihasilkan oleh madu klanceng hanya sedikit serta belum banyak diternakkan, selain hal tersebut madu klanceng juga rata-rata hanya menghasilkan cairan madu sebanyak 1 sampai 4 kilogram saja pertahunnya. Dengan hasil yang sedikit seperti itu tentunya masih belum mencukupi kebutuhan madu dipasaran. Sebenarnya rasa dari madu klanceng agak berbeda dengan madu hutan atau madu ternak, namun bagi yang baru pertama kali mencoba baik itu madu hutan atau madu klanceng akan manjadi agak kesulitan untuk membedakannya.

Rasanya sendiri bisa dikatakan antara perpaduan rasa asam dan sedikit pahit yang tentunya memiliki rasa manis yang mendominasi madu klanceng ini. Aroma dari madu ini juga agak berbeda dari madu hutan, kemudian tekstur serta warna dari madu klanceng juga berbeda. Madu klanceng mempunyai warna yang agak keruh kuning kecoklatan dan tidak sebening madu hutan tapi ada juga yang warnanya hutam pekat dan madu ternak pada umumnya. 

Untuk menguji keaslian dari madu klanceng sama dengan cara saat menguji keaslian pada madu jenis lain. Untuk kandungan dan manfaat dari madu klanceng tidak kalah dengan madu hutan atau madu sumbawa yang sudah terkenal akan khasiatnya itu. Kandungan dalam madu klanceng diantaranya adalah kandungan berbagai vitamin seperti vitamin B1, B2, B3, vitamin C, B5, B6, Asam folat, Niasin, Asam Pantotenat, Biotin, vitamin K dan lain-lain. 

Lalu ada kandungan berbagai mineral yang penting seperti Kalsium, zat besi, Natrium, Magnesium, Tembaga, Alumunium, Kalium, Fosfor, Sulfur, Pottasium, Sodium Klorin dan sebagainya.

Tidak lupa berbagai enzim yang dibutuhkan oleh tubuh manusia seperti yang terdapat pada madu jenis lain diantaranya Lipase, Fruktosa, Diatase, invertasem glukosa oksidase, zinc, iodium, peroksidase dan yang lainnya. Dengan berbagai kandungan tersebut madu klanceng akan sangat bermanfaat untuk tubuh kita dalam menjalani berbagai aktifitas sehari-hari.

Adapun manfaat yang didapatkan jika mengkonsumsi madu klanceng yaitu :

➡Mencegah Penyakit Stroke
➡Meningkatkan hormon pada tubuh
➡Menjaga dan menambah daya tahan tubuh dari serangan penyakit
➡Melancarkan sirkulasi darah di seluruh bagian organ tubuh
➡Meningkatkan kinerja dan ingatan otak serta memperkuat organ jantung
➡Mengembalikan stamina tubuh yang turun
➡Membuat rileks otot-otot tubuh yang tegang
➡Mengurangi rasa capek & letih
➡Berguna untuk daya ingat serta kecerdasan anak yang sedang bertumbuh kembang
➡Aman untuk dikonsumsi oleh penderita gula darah
➡Mencegah dan mengurangi resiko terkena penyakit Kanker
➡Membantu memulihkan kondisi bagi orang pasca operasi
➡Menjaga kondisi tubuh baik untuk kalangan anak-anak hingga orang dewasa dan manula
➡Dan masih ada manfaat lainnya.

Itulah beberapa manfaat madu klanceng bagi kesehatan tubuh manusia. Selain itu peluang untuk membudidayakan jenis lebah klanceng ini pun masih terbuka lebar, karena saat ini harga madu klanceng masih dalam kisaran yang cukup mahal serta masih sedikit sekali penjual madu klanceng dan juga pembudidaya lebah klanceng. 

Dengan harga madu klanceng lumayan tinggi dan jika di tekuni bisa mendatangkan keuntungan yang tidak sedikit. Sebab kebanyakan madu klanceng yang banyak dijual di pasaran saat ini masih mengandalkan tangkapan dari alam atau mengambil dari alam, jadi kebutuhan akan madu klanceng belum bisa terpenuhi secara merata. Madu klanceng juga dipercaya memiliki manfaat yang lebih dari madu hutan atau madu ternak lainnya.

Madu klanceng adalah salah satu hasil alam yang dihasilkan oleh lebah klanceng yang memiliki khasiat dan manfaat yang cukup istimewa dibandingkan dengan jenis madu lain yang dapat dengan mudah kita temukan dipasaran. Apalagi madu klanceng yang diburu dipedalaman hutan yang sulit dijangkau, pastinya harga madu klanceng tersebut akan berlipat ganda dari harga madu biasa. Madu klanceng juga lebih cepat dicerna dan diserap oleh tubuh sehingga aman untuk dikonsumsi untuk semua kalangan. Kemudian madu klanceng juga rendah kalori serta mudah diserap oleh tubuh dan kandungan gula dalam madu klanceng bisa langsung digunakan oleh tubuh tanpa harus mengalami proses terlebih dahulu. 

Madu klanceng ini juga digunakan untuk membantu dalam penyembuhan berbagai jenis penyakit. Dan mungkin dalam beberapa tahun kedepan harga madu klanceng ini tidak akan mengalami penurunan, bahkan mungkin malah mengalami kenaikan. Jadi membudidayakan lebah klanceng adalah sebuah peluang usaha yan masih terbuka lebar. Semoga informasi diatas dapat berguna untuk menambah pengetahuan Anda tentang seputar madu.

Sumber : PeternakKlanceng/SerbaMadu
Gambar : Raw Honey Klanceng Trigona Teuweul




Tidak ada komentar:

Posting Komentar