Kamis, 29 Juni 2017

Madu Asli Atau Murni Benarkah Tidak Di Semutin?


Sering kali konsumen madu beranggapan bahwa MADU YANG ASLI ITU TIDAK DISEMUTI. Sebagian besar dari pemahaman tersebut adalah pemahaman yang datang hanya dari informasi mulut ke mulut tanpa adanya upaya pencarian informasi yang sebenarnya.,

Sekali lagi, pendapat seperti ini adalah salah, salah, dan salah. Telah teruji hampir setiap madu baik madu local atau import dan hasilnya selalu sama “SEMUT SUKA DENGAN MADU”. Dan kalau anda suatu saat membeli madu, lalu madu itu tumpah dan semut tidak ada yang mendekat ke madu yang tumpah itu. Jangan senang dulu, bisa jadi madu tersebut adalah madu palsu yang mengandung bahan pengawet berbahaya yang jangankan manusia, hewan saja tidak akan mau mendekati madu yang mengandung racun tersebut.

Masih Tidak Percaya Madu Asli Tidak Dirubung Semut itu SALAH?

Pada dasarnya semut suka yang manis-manis termasuk manis pada madu. Semut hitam kaki
panjang suka dengan beberapa jenis madu.Berbeda dengan semut gula, yakni semut yang besarnya Cuma separoh dari semut hitam kaki panjang dan berwarna agak kekuningan, semut ini menyukai hampir semua jenis madu. Untuk melihat ada atau tidaknya semut mengerubungi madu tidak bisa dijadikan standar untuk.mengukur asli atau tidaknya madu. Bagi yang biasa mengonsumsi madu akan mengetahui bahwa semut tidak menyukai madu hanyalah sebuah mitos yang tidak bisa dibuktikan secara ilmiah. Sebab madu merupakan larutan yang terdiri dari glukosa, fruktosa dan sakarosa dalam air, dengan komposisi sekitar 80% gula dan 20% air.

Pendapat Pakar tentang Madu Asli dan Semut. Semut merupakan hama bagi lebah penghasil madu. Seperti dijelaskan Prof. Dr. D. T. H Sihombing guru besar IPB (Institut Pertanian Bogor) di bukunya “Ilmu Ternak Lebah Madu”, cetakan pertama Februari 1997, diterbitkan Gadjah Mada University Press Yogyakarta Hal 173, antara lain dijelaskan “….menjadikan sebagai rantai makanan yang mengangkut madu, telur, dan larva…” Pendapat di atas juga di dukung oleh RM. Sumo Prastowo, C.D.A dan R. Agus Suprapto, BA. Di bukunya “Beternak Lebah Madu Modern”, cetakan ketiga 1993, penerbit Bhratara Jakarta hal 203 yang antara lain dijelaskan “…semut membuat
sarang dalam stup/sangkar lebah dan numpang makan di situ…”

Bahkan di Sarang Lebah pun Ditemukan Semut. Tak hanya mengerumuni madu yang ada di meja makan kita, bahkan sejak di sarang lebah pun semut berupaya mengambilnya.

Semut akan berkumpul pada madu palsu karena encernya madu tersebut, dan tidak akan mendekati madu asli karena semut makan menggunakan belalainya, sehingga pada saat semut menemukan madu kental, mereka tidak mungkin memakannya karena dinding yang tebal, keras seperti batu.

Namun, sayangnya gerombolan semut yang mengerubungi madu tidak bisa dijadikan acuan untuk membedakan madu asli dan madu palsu.

Silakan lihat videonya di bawah ini.




Selain itu, bagi lebah jenis Apis mellifera atau Apis cerana juga jenis Trigona, semut merupakan salah satu hama yang sangat mengganggu. Semut yang berjumlah banyak dapat merusak sel-sel madu. Apabila tidak ditanggulangi semut bisa menghancurkan koloni lebah atau menyebabkan koloni lebah pergi mencari tempat yang lebih aman. Jadi, semut bukan penentu keaslian madu.

Masih percaya madu asli tidak disemutin ?

Baca juga klik ►  Kenapa Madunya Kadang Suka Ada Yang Berbuih/Berbusa Dan Saat Di Buka Mengeluarkan Gas ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar