Minggu, 08 Februari 2015

Ini Proses Lebah Membuat Madu


Siapa juga tahu madu dihasilkan dari lebah lewat cara mengubah nektar yang didapat dari bunga lantas dihimpun di sarangnya serta jadi madu. Lalu, bagaimanakah prosesnya dari nektar sampai jadi madu?

Nektar adalah cairan yang dihasilkan oleh bunga yang terdiri dari gula kompleks dan sekitar 80% air.Saat mencari nektar, lebah juga membantu penyerbukan bunga yang penting dalam rangkaian proses perkembangbiakan tanaman.Rasa manis madu diperoleh dari monosakarida, fruktosa dan glukosa.

Pada bangsa lebah, seperti serangga koloni yang lain, mempunyai pekerjaan masing-masing. Beberapa yang dimaksud grup lebah pekerja, sehari-hari mesti mengangkat nektar yang dihimpun. Lebah pekerja ini mempunyai suatu kantong dalam badannya yang bisa menaruh nektar.

Bagaimana Lebah Madu Membuat Madu?

-> Langkah pertama dalam pembuatan madu adalah pengumpulan nektar. Nektar yang diperoleh lebah pekerja dari bunga akan dibawa kembali ke sarangnya.

Lebah yang mengumpulkan madu memiliki lidah menyerupai belalai yang disebut proboscis. Nektar disedot menggunakan proboscis dan masuk dalam perut lebah.

-> Setelah nektar dikumpulkan, lebah kembali ke sarang dimana lebah pekerja lain (biasanya lebih muda) mengisap nektar dari perut lebah pekerja yang baru pulang menggunakan proboscis.

-> Lebah pekerja muda yang berada di sarang lantas mengubah nektar menjadi madu.

Hal ini dilakukan dengan menambahkan berbagai enzim dari mulut lebah pekerja ke nektar untuk kemudian mengubahnya menjadi madu mentah. Proses ini memakan waktu sekitar 20 menit.

-> Madu mentah lantas disimpan di dalam sarang tempat madu. Pada tahap ini madu masih memiliki kandungan air tinggi.

-> Madu mentah lantas secara berangsur dikurangi kadar airnya. Kepakan sayap lebah dalam sarang merupakan salah satu metode lebah untuk menurunkan kadar air dalam madu mentah.

-> Madu dianggap matang jika kadar air telah turun ke level tertentu.

Madu matang lantas dilindungi dan disimpan dengan bantuan lilin yang dihasilkan oleh semacam lembaran di bawah perut lebah.

Setelah proses ini, madu siap untuk digunakan oleh koloni lebah madu atau dipanen oleh manusia.

Kapan Lebah Mulai Membuat Madu?

Lebah membuat madu sebagai sumber makanan untuk mengatasi kelangkaan pangan.Di wilayah dengan empat musim, madu umumnya digunakan saat musim dingin.Oleh karena itu, periode waktu ketika lebah mulai membuat madu adalah pada awal musim semi hingga musim gugur.Nilai gizi madu akan tetap utuh jika disimpan di tempat sejuk dan kering.[]

Sumber :Amazine/Viva

Semoga Bermanfaat !
Tetap Semangat,Optimis,Selalu Bersyukur Dan Ingatlah Allah Selalu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar