Minggu, 29 Januari 2017

5 Manfaat Madu Mentah Segar (Raw Honey) Untuk Menjaga Kecantikan


MMMHealth - Madu sudah dikenal memiliki banyak sekali manfaat. Bahkan sejak zaman raja-raja dahulu, cairan manis yang dihasilkan lebah ini sudah sangat digemari.

Cleopatra dikabarkan sangat menggemari campuran air mandi madu dengan susu untuk mendapatkan kulit yang lembut. Bila diminum pun manfaat madu tak kalah berlimpah.

Ia dikenal bisa menjadi pengganti gula bagi pengidap diabetes dan Anda yang menjalani diet dan tak diperbolehkan mengonsumsi gula tebu. Ya, manisnya madu juga bisa jadi pengganti gula tebu.

Di pasar swalayan, madu biasa dijual dalam kemasan botolan dengan warna cairan kental yang keemasan dan jernih. Madu inilah yang dikenal dengan madu olahan yang sudah di masak (Pasteurisasi). Madu olahan tak terlalu banyak memiliki kandungan yang sebaik madu mentah segar (Raw Honey).

Lalu yang dimaksud dengan madu mentah segar (Raw Honey) ialah madu murni yang dipanen dan dikemas sebagaimana adanya (Panen,diperas/ditiriskan,disaring trus di kemas) . Tanpa melalui proses di olah dan pemanasan (Pasteurisasi).

Pada madu mentah segar , masih banyak terdapat serbuk lebah yang biasa disebut bee pollen dan nutrisi lain. Hal inilah yang membuat madu mentah segar kemudian banyak dicari dan digunakan untuk kesehatan dan kecantikan, misalnya untuk beberapa hal berikut ini :

(1).Mengatasi jerawat

Madu juga bisa berfungsi sebagai antibakteri yang ampuh memerangi bakteri jerawat. Cara menggunakannya juga terbilang cukup mudah.

Menurut ulasan Health, Anda hanya harus mengoleskan sedikit madu mentah pada jerawat membandel. Lalu diamkan selama 15 sampai 20 menit. Bilas setelahnya.

(2).Memudarkan lingkaran hitam

Lingkaran hitam di bawah mata yang muncul setiap kali Anda merasa kurang tidur juga bisa diatasi dengan madu mentah. Caranya, buatlah campuran madu mentah dengan minyak almon dengan takaran yang sama banyak (misalnya satu sendok makan).

Oleskan campuran tersebut pada daerah sekitar mata seperti layaknya Anda mengoleskan krim mata di malam hari. Biarkan campuran madu mentah dan minyak almon bekerja saat Anda terlelap. Cuci wajah seperti biasa keesokan harinya.

(3).Membersihkan wajah

Jika biasanya Anda menghapus riasan dengan cairan pembersih berbahan kimia yang banyak dijual di pasaran, kali ini cobalah membersihkannya dengan madu mentah.

Stylecaster menyarankan, cobalah untuk membasahi wajah terlebih dahulu sebelum mengoleskan madu mentah. Hal ini dilakukan karena madu mentah memiliki tekstur yang lebih tebal dan lengket sehingga sulit melekat pada kulit yang kering. Setelahnya Anda bisa menggunakan kain hangat untuk membersihkan sisa riasan.

(4).Melembapkan kulit

pH alami 4,5 yang dimiliki madu sesuai dengan pH kulit sehat. Jika tip di atas dilakukan secara rutin, Anda bisa melihat dan merasakan kulit lebih lembut dan lembap dalam waktu tiga minggu setelah pemakaian.

Anda juga bisa membuat masker sendiri untuk perawatan kulit yang lebih mendalam. Misalnya dengan mencampurkan madu mentah dengan air perasan lemon. Oleskan ke wajah dan gunakan sebagai masker. Hindari daerah mata.

Kulit yang lebih lembap juga akan memudarkan kerutan.

(5).Rambut berkilau

Madu mentah juga bisa dimanfaatkan sebagai pengganti conditioner untuk melembapkan rambut.

Ada dua cara yang bisa Anda praktikkan. Pertama, oleskan madu mentah ke rambut setelah keramas. Diamkan selama satu jam kemudian bilas hingga bersih.

Kedua, Anda dapat mencampur satu sendok madu mentah dengan lima gelas air hangat. Gunakan campuran ini sebagai pelembap rambut alami yang tak perlu dibilas (leave in conditioner).

Source : Vemale I HealthHoney I HLN
Gambar : Ilustrasi

Baca juga klik ▶ Ingin Menurunkan Berat Badan? Minum Saja Madu Murni !!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar